Tips Wisata

Asyiknya Bermain Air di Taman Sungai Mudal

Asyiknya Bermain Air di Taman Sungai Mudal

Assalamualaikum trip-er, gimana kabar kalian, semoga kabar baik ya. Kebetulan pada saat mimin posting tulisan ini bertepatan dengan libur panjang sehingga cocok untuk ngetrip lebih lama. Bagi trip-er yang suka wisata air tapi ingin suasana yang berbeda, mungkin tempat ini cocok buat trip-er sekalian. Tempat yang akan mimin bagikan kali ini berlokasi di Yogyakarta. Sama seperti postingan dari Yogyakarta sebelumnya tentang Curug Kuncung postingan kali ini juga masih dari foto-foto Sulexstr. Langsung saja ya kita bahas bareng Taman Sungai Mudal.

Taman sungai Mudal secara administratif berada tepat di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Dan lebih tepatnya lagi berada pada barisan bukit menoreh. Apabila trip-er sedang berada di Jogja lihatlah ke arah barat maka akan terlihat pegunungan menoreh yang telah terbentang sepanjang Kulon Progo. Rute untuk menuju tempat wisata Taman Sungai Mudal dari kota Jogja memang cukup mudah. Dari kota Jogja bisa langsung langsung saja menuju ke jalan godean. Dan dari jalan godean sebaiknya lurus saja ke arah barat menuju arah kulon progo kurang lebih 30 kilometer. Trip-er semua tidak perlu belok-belok, sebab jalan nya lurus terus nanti akan masuk ke Kulon Progo.

Sesudah trip-er melewati jembatan Sungai Progo masih jalan lurus. Dan sesudah trip-er melewati lampu merah perjalanan selanjutnya menaiki perbukitan menoreh. Apabila bertemu petigaan di atas bukit ambil kanan untuk menuju Goa Kiskenda. Sesudah melintasi lokasi wisata Goa Kiskenda, ambilah kiri menuju wisata Taman Sungai Mudal. Kemudian perjalanan jaraknya sudah tidak jauh lagi. Harga tiket masuk untuk ke tempat wisata Taman Sungai Mudal belum dipungut biaya atau disebut gratis. Pengujung hanya akan di kenakan biaya parkir kurang lebih sebesar Rp.2000,00 untuk motor dan Rp.5000,00 untuk kendaraan roda empat.

Baca: Tempat Wisata di Sukabumi yang Paling Hits

Mudal adalah sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun hingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar melalui pipa-pipa. Aliran airnya yang jernih juga meluap membentuk aliran sungai serta melewati air terjun dengan nama serupa, kemudian berlanjut hingga Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang letaknya lebih rendah. Di Taman Sungai Mudal ini trip-er bisa berenang, bersantai, ngadem atau sebatas berphoto. Keindahan Taman Sungai Mudal sangat cocok jadi latar belakang penghias photo pada Instagram.

Wisata Taman Sungai Mudal ini sangat cocok anda kunjungi saat musim hujan seperti saat ini. Debet airnya akan terus bertambah tapi tidak membahayakan. Bagi trip-er yang tidak bisa berenang, main airnya bisa ditepian. Tak hanya dimanjakan dengan birunya air, trip-er bisa juga menyaksikan gazebo-gazebo beratap ijuk serta ruang camping ground dengan latar tebing batu Gunung Kelir. Jika beruntung, trip-er bisa menyaksikan kera ekor panjang yang sedang mencari makan.

Fasilitas di wisata taman sungai mudal ini masih terbilang sederhana karena Taman Sungai Mudal ini masih dikelola dengan cara swadaya dari orang-orang setempat. Namun di tempat ini sudah tersedia kamar mandi dan tempat istirahat berupa gazebo. Akan tetapi untuk jumlah nya masih begitu minim, Sehingga, pada saat musim liburan pengunjung harus antri untuk ke kamar mandi untuk sekedar ganti baju. pada sekitaran taman sungai mudal ini sudah ada beberapa penjual makanan ringan serta makanan khas kulon progo yaitu geblek serta tempe benguk. Gimana trip-er, tertarik untuk ngetrip ke Taman Sungai Mudal? Mari Ngetrip ke Yogyakarta dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Categories:
Tips Wisata
You Might Also Like