Tips Wisata

Kuliner Lezat di Kota Tegal

Kuliner Lezat di Kota Tegal

Siapa dari Anda yang asli Tegal? Dan siapa dari Anda yang bukan orang Tegal? Tenang, jika Anda bukan orang Tegal, mari kita bersama-sama untuk menelusuri kota ini.

Kota ini termasuk dari bagian Provinsi Jawa Tengah. Kota Tegal ini menjadi pusat industri dan perdagangan terutama industri gula. Selain itu, Kota Tegal terkenal dengan warungnya yaitu warteg (warung tegal). Jika Anda sering mengatakan warung makan yang ada di pinggir jalan dengan sebutan warteg dan Anda tidak mengetahui kepanjangannya, kata warteg ini ternyata berasal dari Tegal.

Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Kota Tegal, baik wisata sejarahnya, wisata berbau pendidikan, wisata belanja maupun wisata kulinernya. Juga terdapat banyak hotel yang murah yang bisa anda tempati selama berwisata di Tegal ini.

Bagi masyarakat Kota Tegal mungkin memang sudah mengetahui beberapa wisata yang terdapat di kotanya, namun saya akan memberitahukan kepada Anda mengenai wisata kuliner yang bisa Anda icip di Kota Tegal. Selain merefresh otak Anda dengan objek wisata alamnya, Anda juga perlu memanjakan perut dan lidah Anda dengan icip-icip kuliner di Kota Tegal.

1. Martabak 8 Rasa Mr Bucks

Kuliner ini merupakan makanan yang hits di Kota Tegal. Baru buka saja sudah banyak pembeli yang berdatangan untuk membeli martabak dengan 8 rasa ala Mr. Bucks. Biasanya, martabak yang Anda temui di pinggir jalan tidak lain dari martabak keju, martabak telor, martabak cokelat, dan martabak ketan hitam. Namun, kali ini telah hadir dengan 8 rasa yang berbeda. Dijamin, akan membuat lidah Anda ketagihan dan perut terasa kenyang. Martabak 8 rasa dalam satu loyang itu terdiri atas rasa Nutella, Macha Green Tea Kitkat, Kagi Swiss Chocolate, Toblerone, Keju Craft, Ovamaltine, Mesis Ceres, dan Redvelvet Timtam. Hmm, mendengarnya saja sudah menggoda bukan?

Harga untuk satu porsi martabak pun beragam sesuai dengan ukuran martabaknya. Mulai dari kategori junio dengan harga Rp. 30.000, Medio dengan harga Rp. 55.000 dan Supreme Rp. 80.000. Untuk Anda yang ingin membeli martabak hanya dengan satu rasa pun tersedia. Anda akan menemukan martabak 8 rasa Mr. Bucks ini salah satunya berada di Jalan Kartini, Kota Tegal.

Baca: Daftar Hotel di Makassar Dengan Promo Terbaik

2. Soto Tauco

Bagi Anda penggemar soto, Anda wajib untuk mencicipi kuliner khas Kota Tegal ini yaitu Soto Tauco. Rasanya sangat lezat dan harganya pun cukup murah. Tauco yang dijual masih mentah, jadi Anda bisa meraciknya sendiri di rumah sesuai selera Anda. Umumnya untuk membuat soto ini Anda harus menyiapkan daun bawang, kuah kaldu, tauge, daging sapi atau ayam sesuai kesukaan Anda dan tauco itu sendiri. Setelah itu, tauco yang sudah siap disiram dengan kuah kaldu yang masih panas.

3. Teh Poci

Anda pasti sudah sering mendengar kata teh poci. Teh poci ini ternyata merupakan minuman teh khas Kota Tegal. Kota ini merupakan salah satu pusat industri teh di mana sangat banyak perkebunan teh di sana. Aslinya, teh poci ini bernama teh slawi. Kemudian, teh ini berubah nama menjadi teh poci karena disedu dengan air panas di dalam poci gerabah yang disajikan bersama gula batu. Yang membuat unik adalah aroma yang terdapat dalam teh tersebut. Karena disedu dengan air panas di dalam gerabah, pori-pori di gerabah tersebut akan bereaksi dengan air teh dan timbulah bau khas pada teh ini. Poci gerabah merupakan salah satu benda yang bisa Anda bawa pulang dan dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk bisa menggunakan gerabah yang baru Anda beli adalah. Sedu teh poci dengan air panas di dalam gerabah kemudian diamkan selama 7 hari. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakannya. Ini dilakukan untuk menghilangkan bau tanah pada gerabah.

4. Rujak Kangkung

Jika Anda penggemar sayuran atau memang vegetarian, makanan khas Kota Tegal ini sangat cocok untuk Anda. Rasanya sangat pedas. Bumbunya terdiri dari kacang, asam jawa, terasi dan juga cabai yang diulek dan kemudian menjadi saus untuk rujak kangkung tersebut setelah di rebus terlebih dahulu. Karena rasanya yang pedas, makanan ini cocok dicicipi pada saat siang hari di mana kepala Anda sedang pusing dan mata ngantuk semua akan hilang dan melek kembali.

5. Tahu Aci

Kuliner yang satu ini merupakan cemilan khas Kota Tegal. Tahu Aci ini bentuknya segitiga yang diberi tambahan aci pada bagian potongan tahunya. Rasanya sangat gurih, bisa menjadi teman Anda saat menikmati teh poci. Jika Anda ingin membeli tahu aci dalam jumlah yang banyak akan dibungkus dalam plastik dengan isi 50 potong. Satuan tahu aci ini akan dikenakan harga sebesar Rp. 1.000 sampai Rp. 1.500.

Itulah beberapa kuliner yang bisa Anda cicip jika mengunjungi Kota Tegal. Masih banyak kuliner khas kota ini yang bisa Anda cari tahu dan menjelajahinya. Jika tempat wisata dan kulinernya telah Anda jajahi, Anda bisa berlama di Kota ini dengan memesan kamar di sebuah hotel yang ada di pusat kota. Dan lanjutkan destinasi wisata Anda.

Categories:
Tips Wisata
You Might Also Like